Cara Membuat USB Bootable Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus


Borneotekno - Di kesempatan kali ini saya akan berbagi Tutorial tentang Cara Membuat USB Bootable Flashdisk Windows 10 Menggunakan Software Rufus. Sebelum ke langkah-langkahnya saya akan menjelaskan tentang pengertian bootable dan bahan-bahan apa saja yang harus di siapkan.

Apa Bootable Itu ?
Bootable merupakan sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana ditempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya. Mengapa dinamakan dengan bootable? Karena sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan. Booting yang dilakukan harus melalui tahapan-tahapan yang benar, misalnya saat akan mengatur pengaturan pada BIOS.

Bahan-bahan untuk membuat USB Bootable :
1. Flashdisk min.4GB dan Max.8GB
2. Software Rufus (Jika belum ada bisa download di Link)
3. File ISO Windows 10


Cara Membuat USB Bootable Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Langkah-langkah sebagai berikut :
1. Siapkan semua bahan-bahan, jika bahan sudah siap tancapkan Flashdisk di Laptop/PC.
2. Jalankan Software Rufus, Lalu klik icon disk dan pilih file ISO Windows 10.

3. Setelah file ISO Windows 10 sudah termuat, tentukan "Partition scheme and target system type, beri nama Flashdisk kalian, lalu pilih Standard windows installation".  

Hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih "Partition scheme and target system type" kalau salah pilih maka flashdisk anda tidak akan terbaca di Laptop/PC saat akan install Windows. Jika anda mau install Windows 10 pada UEFI mode dan GPT partition, maka pilih GPT partition scheme for UEFI. Namun jika mau install Windows 10 pada Legacy mode dan MBR partition, maka anda pilih MBR partition scheme for BIOS or UEFI-CSM.

4. Kemudian klik "Start" untuk memulai proses membuat bootable USB flashdisk Windows 10.

5. Jika proses selesai maka Flashdisk kalian sudah siap untuk digunakan.


Jadi seperti itulah Cara Membuat USB Bootable Flashdisk Windows 10 Menggunakan Software Rufus, Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar